SOSOK GKR WANDANDANSARI KOES MOERTIYAH DI MATA SAYA

SOSOK GKR WANDANDANSARI KOES MOERTIYAH DI MATA SAYA



GKR Wandansari Koes Moetiyah adalah salah satu putri Pakubuwono XII(Suryo guritno) dan salah satu istrinya yaitu Kray Pradapaningrum(permaisuri PB XII).

Sosok GKR Wandansari Koes Moertiyah atau yang sering disebut Gusti Moeng oleh masyarakat luas khususnya di Surakarta,dia dilahirkan di Dalem Keputren Keraton kasunanan Surakarta pada tanggal 1 November 1960,dia mempunyai suami yang bernama KP Eddy Wirabhumi dan dikaruniai 2 putri yang bernama BRAJ Lungayu dan BRAJ Sedan Mirah.

Dia sosok seorang yang paling terpenting di dalam Keraton Surakarta dia mempunyai kedudukan sebagai Lembaga Dewan Adat Keraton,dia dari kecil sudah diajarkan berbagai macam tarian sakral keraton oleh sang ibu,dan dia juga diajarkan tentang paugeran-paugeran (aturan) yang ada di Keraton,dia juga mempelajari falsafah kehidupan di dalam salah satu tarian sakral Keraton yaitu Bedoyo Ketawang,dia selalu melakukan acara - acara sakral Keraton.

Akan tetapi sejak ada ontran-ontran keraton dia di usir dari Dalem Keraton dan dia melakukan acara acara adat di Dalem Kayonan bersama kakak - kakaknya dan adik - adiknya dan 3 putri Raja PB XIII dan 1 putra Raja PB XIII,sejak 2019 sampai 2021 dia ditinggal 3 kakaknya yang dia cintai.

Dan sejak ada isu maling masuk Keraton Surakarta dia di izinkan lagi masuk ke dalam keraton ikut berpartisipasi dalam pencarian maling,dan dia juga merenovasi keraton yang kini rusak parah akibat 5 tahun tidak terurus,dia juga menghidupkan kembali keraton seperti dulu lagi.

Sosok GKR Wandansari Koes Moertiyah di mata saya dia seseorang yang jenius,tegas akan aturan, berwibawa,dan dia tidak pernah menyombongkan diri seakan dia anak raja,dan dia sering di sebut "Srikandi"Surakarta 

 Dari kiri ke kanan:

1.GKR RETNO DUMILAH KOES ISBANDIYAH 

2.GKR WANDANSARI KOES MOERTIYAH 

3.GKR AYU KOES INDRIYAH 

4.GKR SEKAR KENCONO KOES HANDARIYAH 

5.GKR GALUH KENCONO KOES SUPIYAH















Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILOSOFI JARIK PARANG BARONGMAKNA FILOSOFI JARIK PARANG BARONG

MAKNA FILOSOFI LAMBANG KERATON SURAKARTA HADININGRAT